Beranda Hot News Kolaborasi Anak Muda dan Teknologi, Majukan Pariwisata Indonesia

Kolaborasi Anak Muda dan Teknologi, Majukan Pariwisata Indonesia

BERBAGI

Jakarta, Halo Indonesia — Sumber daya manusia (SDM) merupakan peran utama dalam kemajuan bangsa. Menpar Arief  Yahya menyampaikan besarnya peran SDM, khususnya anak muda, dalam perkembangan pariwisata pada _talkshow_ “Youth x Public Figure: Bapak Arief Yahya x Erix Soekamti” di XXI Epicentrum Studio I, Jakarta.

“Yang membedakan satu bangsa dengan bangsa yang lain adalah manusianya. Yang membedakan manusia dengan manusia lainnya adalah karakter dan kompetensinya,” kata Menpar Arief.

Para anak muda atau sering disebut generasi _millenials_, berperan penting dalam kemajuan pariwisata Indonesia. Apalagi sebagian besar anak muda merupakan _technology savvy_ yang _update_ perkembangan teknologi terbaru. Kolaborasi antara anak muda dan teknologi, seperti kamera hp, instagram, dan inilah yang memberikan _impact_ besar dalam pariwisata. “Gunakanlah teknologi utk menghadapi tantangan-tantangan fisik (pada pariwisata),” kata Menpar Arief. 

Menyadari besarnya pengaruh anak muda, Menpar Arief menantang anak muda Indonesia untuk ikut terlibat dalam perkembangan yang sedang dilakukan.

“Kemenpar tengah mengembangkan program strategis pariwisata yang melibatkan anak muda, yaitu destinasi digital dan _nomandic tourism_. Dua program ini sebagai strategi untuk merebut wisman yang tahun ini ditargetkan 17 juta wisman dan 20 juta wisman pada 2019. Sekarang saya _challenge_ kalian untuk ikut membuatnya,” ujar Menpar Arief.

Menpar Arief Yahya mengatakan, destinasi digital adalah destinasi yang populer di dunia maya, _viral_ di media sosial, dan _hits_ di Instagram. Sementara _nomadic tourism_, kata Menpar Arief, sebagai solusi dalam mengatasi keterbasan unsur 3 A (atraksi, amenitas, dan aksesibilitas). Khususnya untuk sarana amenitas atau akomodasi yang sifatnya bisa dipindah-pindah dan bentuknya bermacam-macam seperti _glamp camp, home pod_, dan karavan. 

Sedangkan aksesibilitasnya adalah _sea plane_ dengan mudah membawa wisatawan dari pulau ke pulau di Indonesia jumlah mencapai 17 ribu lebih.

“Target Kemenpar adalah membangun 100 pasar digital di 34 provinsi dan 10 _nomadic tourism_ di destinasi unggulan,” jelasnya. 

Menpar Arief menambahkan, saat ini jumlah _backpacker_ yang kebanyakan adalah generasi _millennials_ di seluruh dunia mencapai 39,7 juta orang. Peluang ini lah yang ingin ditangkap Kemenpar dengan menyediakan akomodasi _nomadic tourism_ ini. “ _Nomadic tourism_ itu solusi sementara sebagai solusi selamanya”, kata Menpar Arief.

Acara _talkshow_ ‘Youth x Public Figure Vol. 4’ ini merupakan hasil sinergi antara Generasi Pesona Indonesia (GenPI) dengan komunitas ank muda We The Youth. Mengangkat tema “Waktu Indonesia Berlibur”, acara ini menampilkan dua _public figure_. Yaitu Menpar Arief Yahya dan Erix Soekamti, anak muda yang sukses sebagai musisi dan _content creator_. Acara ini dipandu oleh moderator Akbarry.

Tidak hanya membahas destinasi digital dan _nomadic tourism_, Menpar Arief Yahya juga berbagi ilmu bagaimana membangun _branding_ dan teknik _marketing_ yang telah dilakukan Kemenpar selama ini.

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.