Beranda Frame Antisipasi Ramainya Jalan Raya Jelang Berbuka Puasa, KAI Sarankan Pelanggan Berangkat Lebih...

Antisipasi Ramainya Jalan Raya Jelang Berbuka Puasa, KAI Sarankan Pelanggan Berangkat Lebih Awal Menuju Stasiun

BERBAGI
Antisipasi Ramainya Jalan Raya Jelang Berbuka Puasa, KAI Sarankan Pelanggan Berangkat Lebih Awal Menuju Stasiun
Jakarta, Haloindonesia.co.id – PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengimbau kepada seluruh calon penumpang kereta api (KA) untuk mempersiapkan waktu tempuh yang cukup untuk perjalanan jelang berbuka puasa, agar tiba di stasiun tepat waktu dan tidak tertinggal kereta.
Pasalnya, menjelang waktu berbuka puasa aktivitas masyarakat cenderung meningkat terutama di sekitar pusat perbelanjaan dan lokasi penjualan takjil. Kepadatan lalu lintas yang disebabkan oleh tingginya mobilitas serta keberadaan pedagang kaki lima dapat memengaruhi waktu tempuh perjalanan menuju stasiun.
“KAI mengimbau para pelanggan untuk tiba di stasiun minimal 30 menit sebelum jadwal keberangkatan guna menghindari kendala saat proses boarding. Sebagai bagian dari upaya meningkatkan kenyamanan dan efisiensi, pelanggan juga dapat memanfaatkan layanan face recognition. Teknologi ini memungkinkan proses verifikasi identitas yang lebih cepat, efisien, dan ramah lingkungan, selaras dengan komitmen KAI dalam mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs),” ungkap Vice President Public Relations KAI Anne Purba.
Saat ini, fasilitas face recognition telah tersedia di 21 stasiun KAI, yaitu:
• Daerah Operasi 1 Jakarta: Gambir, Pasar Senen, Bekasi
• Daerah Operasi 2 Bandung: Bandung, Kiaracondong
• Daerah Operasi 3 Cirebon: Cirebon
• Daerah Operasi 4 Semarang: Semarang Tawang Bank Jateng, Pekalongan, Semarang Poncol, Tegal
• Daerah Operasi 5 Purwokerto: Purwokerto, Kutoarjo
• Daerah Operasi 6 Yogyakarta: Yogyakarta, Lempuyangan, Solo Balapan
• Daerah Operasi 7 Madiun: Madiun
• Daerah Operasi 8 Surabaya: Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, Malang
• Daerah Operasi 9 Jember: Jember
• Divisi Regional I Sumatera Utara: Medan
“Pada periode 21-24 Maret 2025 Pukul 15.00 WIB, KAI mencatat telah memberangkatkan sebanyak 677.242 penumpang di Pulau Jawa dan Sumatera. Stasiun dengan volume penumpang KA JJ tertinggi meliputi Pasar Senen, Gambir, Yogyakarta, Semarang Poncol, Surabaya Gubeng, Semarang Tawang, Surabaya Pasarturi, Bekasi, Lempuyangan, dan Malang. Hingga 24 Maret 2025 pukul 15.00 WIB, total penjualan tiket mencapai 2.810.355 tiket atau 76% dari total kapasitas yang disediakan. Dari jumlah tersebut, 2.612.616 tiket adalah untuk perjalanan kereta api jarak jauh dengan tingkat okupansi sebesar 76% sementara penjualan tiket KA Lokal tercatat sebanyak 197.739 tiket atau 17% dari total kapasitas,” tambah Anne.
Selama Lebaran 2025 beberapa relasi favorit perjalanan antara lain Gambir – Yogyakarta, Gambir – Semarang Tawang Bank Jateng, Yogyakarta – Gambir, Semarang Tawang Bank Jateng – Gambir, Pasar Senen – Surabaya Pasar Turi, Surabaya Pasar Turi – Pasar Senen, Pasar Senen – Lempuyangan, Gambir – Cirebon, Gambir – Bandung, serta Pasar Senen – Kutoarjo.
“Untuk kenyamanan perjalanan, pelanggan dihimbau untuk segera memesan tiket melalui aplikasi Access by KAI atau situs resmi booking.kai.id. Dengan memanfaatkan kemudahan teknologi dan mengikuti imbauan perjalanan, pelanggan dapat menikmati pengalaman mudik yang aman, nyaman, dan berkesan bersama KAI. Segera rencanakan perjalanan Anda dan pastikan momen kebersamaan dengan keluarga tercinta terwujud tanpa kendala,” tutup Anne.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses