Jakarta, HaloIndonesia (25 Maret 2018) – Melalui gerakan sosial #JamMainKita, Combantrin, produk obat cacing terkemuka dari PT Johnson & Johnson Indonesia, bermitra dengan Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) menggelar Arena Permainan Tradisional di Area Silang Timur Monas untuk mengajak anak-anak dan keluarga Indonesia turut serta membangkitkan permainan tradisional sebagai upaya meningkatkan kualitas kesehatan anak Indonesia.
Acara ini terbuka untuk umum dan juga turut dihadiri oleh Menteri Sosial Republik Indonesia Idrus Marham dan sejumlah perwakilan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Kementerian Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak Republik Indonesia dan sekitar 2.000 siswa-siswi sekolah dasar beserta para orangtua mereka yang berasal dari 10 SD di area Jabodetabek.
Terdapat sejumlah permainan tradisional Indonesia yang dapat dimainkan oleh anak – anak di arena bermain di Monas, seperti engklek, gobak sodor, kelereng, bentengan dan lompat karet.
Melalui kegiatan ini, Combantrin juga ingin mengajak masyarakat umum untuk berpartisipasi memberikan ikrar dukungan yang disematkan pada tali karet yang sangat panjang – mencapai 2 kilometer – untuk mewujudkan gerakan #JamMainKita.
Lakish Hatalkar, Presiden Direktur PT Johnson & Johnson Indonesia mengatakan, “Dengan kemajuan teknologi, saat ini banyak keluarga Indonesia mengandalkan gawai (gadget) dan
bahkan lebih menyukai apabila anak-anak mereka memilih bermain di dalam rumah.
Kondisi ini telah mengubah definisi anak – anak tentang bermain. Padahal bermain permainan tradisional di luar ruangan banyak melibatkan aktivitas fisik yang mendorong stimulasi motorik dan psikologis anak yang akan membantu perkembangannya. Kondisi inilah yang melatarbelakangi Combantrin untuk meluncurkan gerakan sosial #JamMainKita.
Bekerjasama dengan LPAI, inisiatif ini juga merupakan bentuk dukungan Combantrin terhadap program pemerintah, GERMAS (Gerakan Masyarakat untuk Hidup Sehat) yang diterapkan bagi semua kelompok populasi khususnya bagi anak – anak dan juga membantu menekan angka prevalensi cacingan (28,12%) yang saat ini masih menjadi masalah kesehatan utama di Indonesia.“
Dr. Seto Mulyadi, S.Psi., M.Si., selaku Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI), mengatakan, “Kami memiliki visi yang sama dengan Combantrin, yaitu memberikan perlindungan bagi kesehatan Anak Indonesia. Kami menyadari bahwa Indonesia kaya akan budaya dan memiliki banyak permainan tradisional yang hampir terlupakan. Kami berharap
#JamMainKita bisa menjadi kesempatan untuk memperkenalkan dan memopulerkan kembali permainan tradisional kepada generasi muda kita.
Permainan tradisional juga bisa
menjadi media untuk melestarikan nilai budaya dan tradisi daerah yang menjadi kekayaan
bangsa kita.”
Gerakan sosial #JamMainKita juga sebagai bentuk komitmen PT Johnson & JohnsonIndonesia melalui Combantrin, untuk meningkatkan kualitas kesehatan anak Indonesia, dengan mengedukasi masyarakat akan pentingnya hidup sehat. Rays Mitchelle, Brand Manager Combantrin, menjelaskan, “Dalam beberapa kasus, banyak orangtua berpikir
bahwa infeksi cacingan disebabkan oleh tempat yang tidak higienis, sehingga mereka membatasi ruang bermain anak-anaknya. Melalui gerakan #JamMainKita, kami ingin
membangkitkan permainan tradisional Indonesia yang banyak melibatkan aktivitas fisik.
Kami juga ingin mengajak para orang tua untuk memberi keleluasaan pada ruang bermain
anak dan berinteraksi sosial agar anak tumbuh dan berkembang secara optimal serta
memberikan perlindungan bagi kesehatan mereka dari infeksi cacing.”