Beranda Ekonomi Bisnis Dukung UMKM, KAI Gelar “Dodolan neng Lawang Sewu”

Dukung UMKM, KAI Gelar “Dodolan neng Lawang Sewu”

BERBAGI
Dukung UMKM, KAI Gelar “Dodolan neng Lawang Sewu”

Semarang, Haloindonesia.co.id – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu aspek pendongkrak perekonomian nasional. Oleh karena itu, berbagai upaya perlu dilakukan agar UMKM tetap dapat tumbuh dan berkembang meski diterjang pandemi. Motivasi dari berbagai pihak terkait, bantuan untuk mempromosikan dan memasarkan produk-produk UMKM dibutuhkan sehingga mereka dapat kembali bangkit dan berinovasi dalam mengembangkan usahanya pasca pandemi.

Hal itulah yang kemudian dilakukan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero). Untuk membantu UMKM mitra binaannya dalam memperluas pemasaran produknya, KAI menggelar pameran UMKM di halaman Lawang Sewu, Semarang, Jawa Tengah, selama dua hari pada Sabtu (30/10) sampai dengan Minggu (31/10). Pameran terbuka bagi umum dengan waktu berkunjung pukul 09.00 WIB hingga 14.35 WIB pada hari Sabtu dan pukul 09.00 WIB sampai 12.15 WIB pada hari Minggu.

Pameran yang mengusung tema ‘Dodolan neng Lawang Sewu’ ini diikuti sebanyak 20 UMKM mitra binaan KAI dari berbagai daerah mulai dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga Jawa Timur. Berbagai produk ditampilkan dalam pameran ini seperti fashion, kerajinan tangan, makanan dan minuman. Selain mengunjungi stand UMKM, pengunjung juga dapat menikmati hiburan menarik seperti fashion show produk UMKM, talkshow, dan penampilan dari Loc Entertain dan MOT Band Semarang.

Bagi pengunjung yang ingin berkunjung ke pameran ini, harus sudah melakukan vaksinasi minimal dosis pertama dan memiliki aplikasi peduli lindungi. Untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pengunjung, di Lawang Sewu juga telah tersedia fasilitas seperti tempat cuci tangan dan hand sanitizer. KAI mengajak masyarakat untuk datang ke pameran UMKM Dodolan neng Lawangsewu sekaligus berwisata ke Lawang Sewu dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Adanya pameran tersebut diharapkan dapat mendukung pertumbuhan UMKM lokal, khususnya di masa pandemi saat ini, sehingga UMKM dapat lebih berani tampil, bisa bangkit, dan roda perekonomian bisa berjalan normal kembali,” ujar VP Public Relations KAI, Joni Martinus.

Saat ini, KAI memiliki 791 mitra binaan di berbagai kota yang terdiri dari bidang industri, perdagangan, pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan, dan jasa. Dalam rangka meningkatkan produktivitas UMKM, KAI telah menyelenggarakan berbagai program pengembangan UMKM. Program-program tersebut berupa pelatihan dari para praktisi dan akademisi terkait penanganan keadaan krisis, penyelia halal, sertifikasi BNSP LSP, dan implementasi pemasaran produk melalui marketplace PaDi UMKM.

Selama tahun 2020 sampai 2021, KAI telah menyalurkan Rp18.915.859.945,- dalam rangka mendukung UMKM binaan KAI. Hal ini menunjukkan bahwa KAI benar-benar berkomitmen untuk mendukung UMKM yang ada di Indonesia.

Pandemi Covid-19 tidak membuat KAI berhenti memberikan dukungan kepada UMKM. Dukungan KAI terhadap sektor UMKM juga telah mendapat apresiasi dari berbagai kalangan sebelumnya. Di tahun 2021 ini, KAI telah menerima penghargaan sebagai Perusahaan BUMN Transportasi Pelaksana PKBL Pengembang UMKM Terbaik pada ajang 8th UNS SME’s AWARDS yang digelar Universitas Sebelas Maret pada Agustus 2021 lalu, Bisnis Indonesia Corporate Social Responsibility Award [BISRA] 2021, Top Corporate Social Responsibility Awards 2021, dan Indonesia Green Awards [IGA] 2021.

“KAI akan terus berkomitmen untuk dapat berkontribusi bagi UMKM sehingga UMKM di Indonesia dapat terus maju, berkembang, dan bersaing di dunia industri nasional,” ungkap Joni.

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.