Beranda Food & Resto Inilah Tren Kuliner Pilihan Gen Z dan Milenial Versi Populix

Inilah Tren Kuliner Pilihan Gen Z dan Milenial Versi Populix

BERBAGI
Inilah Tren Kuliner Pilihan Gen Z dan Milenial Versi Populix

Jakarta, Haloindonesia.co.id – Survei tren bisnis kuliner 2023 dilakukan Populix kepada 3.138 orang yang tergolong Gen Z dan Milenial di seluruh Indonesia. Gen Z dan milenial ada dua kelompok generasi dengan jumlah paling besar saat ini.

CEO Populix, Timothy Astandu, mengatakan, kedua generasi ini adalah yang paling banyak berkontribusi dalam kegiatan jual beli dan konsumsi dalam beberapa tahun terakhir. “Hasil riset ini menarik untuk menjadi dasar atau keputusan ketika mengambil strategi dan program yang akan dilakukan. Hal itu khususnya jika market bisnis kuliner tersebut menyasar market Gen Z dan Milenial,” ujar Timothy, dikutip dari Katadata.co.id dari Foodiz Channel.

Berdasarkan survei tersebut, berikut trend bisnis kuliner 2023:

  1. Kembali ke Makanan Indonesia

Makanan Indonesia paling banyak disukasi Gen Z dan Milenial baik murni tradisional maupun fusion dengan negara Asia lainnya atau makanan barat. Berdasarkan survei, sebanyak 44% Gen Z menyukai masakan Indonesia murni, fusion Indonesia – Asian 17%, dan fusion Indonesia – western 16%. Tiga jenis makanan tersebut berada di urutan ketiga teratas, lebih tinggi dari makanan korea (7%), makanan Jepang (6%), internasional murni (5%), dan makanan eropa (2%).

Sementara untuk milenial memilih makanan murni tradisional Indonesia sebesar 53%, fusion Indonesia – Asian 14%, dan Fusion Indonesia – Western 11%.

  1. Healthy Food

Hasil survey Populix untuk Foodiz Academy memaparkan bahwa Gen Z dan Milenial sudah menyadari akan pentingnya makanan sehat atau healthy food dalam memilih kuliner yang dikonsumsi. Kuliner rendah gula atau less sugar menjadi yang paling banyak disukai Gen Z dan milenial dalam memilih makanan sehat.

Berdasarkan hasil survei, Gen z dan Milenial sama-sama memilih kuliner rendah gula atau less sugar yaitu sebesar 38%. Sementara tren terbaru makanan sehat adalah non dairy milk seperti susu almond. Selain itu, tren terbaru lainnya adalah makanan bebas gluten.

  1. Mulai beralih ke makan di tempat atau dining in

Timothy mengatakan, konsumen Gen Z dan milenial lebih menyukai  menikmati kuliner secara offline setelah masa pandemi. Hal itu terutama konsumen Gen Z yang saat ini memiliki waktu lebih luang dibandingkan milenial. “Pemesanan online masih penting, tapi tidak seperting sebelumnya,” ujarnya.

Sementara pertimbangan masyarakat menikmati kuliner di restoran atau luar jaringan adalah harga dan promo. Frekuensi pembelian luring adalah 3 kali seminggu. “Fast food dan produk siap makan atau minum adalah yang paling sering dibeli Gen Z dan milenial,” ujarnya. (***)

Bagikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses