Semarang, Haloindonesia.co.id – PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali berhasil meraih penghargaan di bidang Komunikasi. Kali ini KAI mendapatkan 5 penghargaan pada ajang PR Indonesia Awards (PRIA) 2022 yang diselenggarakan oleh PR Indonesia di Po Hotel Kota Semarang, Jumat (25/3).
Kelima penghargaan tersebut yaitu Silver winner untuk kategori BUMN Sub Kategori Video Profil KAI Pay, Bronze winner untuk kategori BUMN Sub Kategori Video Profil KAI Saya KAI, Bronze winner untuk kategori BUMN Sub Kategori Media Sosial, Bronze winner untuk kategori BUMN Sub Kategori E-Magazine, dan Bronze winner untuk kategori BUMN Sub Kategori Aplikasi.
“KAI menyampaikan terima kasih kepada PR Indonesia atas penghargaan yang diberikan. Pencapaian ini akan semakin memotivasi kami untuk terus meningkatkan kinerja kehumasan perusahaan dalam rangka mendukung visi dan misi KAI,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus.
Terdapat 2 video Profil KAI yang mendapatkan penghargaan yaitu KAI Pay dan Saya KAI. Video KAI Pay menayangkan keunggulan dompet digital KAIPay sebagai alternatif metode pembayaran pada aplikasi KAI Access. Melalui KAIPay, transaksi pembayaran akan semakin praktis karena pelanggan tidak perlu berpindah aplikasi mulai dari pemesanan tiket hingga pembayaran.
Video kedua yaitu Saya KAI, yang menampilkan profil petugas Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA). Video tersebut menayangkan salah satu sosok petugas PPKA yang menceritakan sekilas terkait pekerjaannya serta dukungan keluarga agar bekerja dengan semangat demi melayani pelanggan.
Pada sub kategori Media Sosial, KAI melakukan program campaign di Twitter berjudul Sinergi LRT Jabodebek untuk Negeri serta di Instagram berjudul Vaksinasi Bersama KAI, Bangkit Bersama Negeri. Hal ini KAI lakukan sebagai salah satu program komunikasi melalui media sosial untuk memublikasikan LRT Jabodebek sebagai program strategis nasional serta dukungan KAI terhadap program vaksinasi nasional.
Adapun pada sub kategori E-Magazine, media internal KAI yakni Kontak edisi Agustus 2021 terpilih menjadi pemenang. Edisi yang terbit pada momentum HUT RI tersebut, KAI mengangkat judul KAI untuk Indonesia Tangguh dan Tumbuh.
Sedangkan pada sub kategori aplikasi, KAI menghadirkan aplikasi PPID KAI yang dapat digunakan masyarakat sejak awal Agustus 2021. Aplikasi PPID KAI hadir untuk menjawab kebutuhan masyarakat di era digital yang serba cepat dan mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan informasi publik di tengah pandemi Covid-19.
“Penghargaan ini menjadi perwujudan KAI untuk selalu melakukan inovasi dalam melakukan strategi komunikasi kepada masyarakat dan internal. Harapannya masyarakat semakin banyak yang menggunakan layanan KAI,” tutup Joni.
Founder & CEO PR Indonesia Asmono Wikan mengatakan bahwa PRIA adalah ajang pembuktian diri, sekaligus pembelajaran dan apresiasi bagi insan PR/Humas yang telah menunjukkan kinerja unggulnya membawa organisasi/korporasi masing-masing ke level yang lebih tinggi. Ini menunjukkan bahwa fungsi PR sejatinya sangat strategis dan sudah sewajarnya ada di level yang sangat terhormat.
Adapun seluruh karya yang dikompetisikan dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari praktisi PR senior, jurnalis terkemuka, akademisi senior, hingga PR Gurus.