JAKARTA, HaloIndonesia – Dua jempol layak disematkan buat Pasar Karetan, Kendal, Jawa Tengah. Bagaimana tidak, setiap pekan pasar digital yang satu ini selalu on progress. Jumlah pengunjung selalu membludak. Benar-benar luar biasa.
Keseruan juga terjadi Minggu (4/3). Kali ini, tema yang diangkat adalah Bidadari Pasar Karetan. Guys, bidadari-bidadarinya benar-benar bikin meleleh.
“Agenda hari ini semuanya lancar. Semua berjalan sesuai rencana awal. Pengunjungnya sangat ramai. Hiburan yang ditampilkan sangat meriah,” ungkap Koordinator Pasar Karetan Mei Kristianti.
Minggu kemarin, Pasar Karetan memang menjadi lokasi berkumpulnya cewek-cewek kece dan bening. Maklum Pasar Karetan sedang berburu
ambassador edisi perdana.
“Style mereka rata-rata keren sih. Orangnya juga asik-asik. Jadi proses seleksi ini dilakukan diam-diam oleh tim kami,” terang Mei.
Pasar Karetan memiliki standard sendiri buat calon ambassador. Kalau urusan good looking atau good performance, itu sepertinya suatu keharusan ya.
Namun, para calon ambassador juga dituntut memiliki wawasan yang luas. Istilah kerennya, memiliki brain and beauty.
Cara seleksinya dahsyat guys. Para ‘agen rahasia’ Pasar Karetan mendekati setiap calon yang dipilih dengan sangat hati-hati. Kalau kriterianya masuk, mereka pun diajak ngobrol banyak hal.
“Kalau secara good looking masuk, maka tim kami mendekati mereka. Diajak ngobrolin banyak hal, termasuk menyangkut Pasar Karetan ini. Hampir semua calon sangat komunikatif. Hingga akhirnya ada beberapa nama yang terpilih,” ujarnya lagi.
Tapi, ambassador Pasar Karetan bukan didominasi cewek-cewek cantik kok. Para ladies juga bisa melihat ambassador cowok-cowok keren. Pada edisi perdana ini, dipilih 10 ambassador. Masing-masing 5 cewek dan cowok.
“Bidadarinya dipilih yang cantik-cantik. Cowoknya juga yang keren. Total ada 10 mas dan mbak yang dipilih. Cinderamata juga sudah diberikan kepada mereka. Respons mereka sangat bagus dan terlihat sangat puas menikmati suasana di sini,” jelasnya.
Tapi, jangan bilang Pasar Karetan kalau hanya memiliki satu event. Pengunjung yang sudah datang sejak pagi, dihibur aksi Angklung Kustik. Suasana makin heboh karena tanpa malu-malu, para pengunjung ikut menari.
Tapi tahu kan genre apa yang paling banyak dinyanyikan. Yup, dangdut. Lagu milik Via Vallen, Sayang, adalah yang paling sering terdengar.
“Para pengunjung sangat ekspresif. Tidak ada yang jaim. Mereka menikmati musik khas Angklung Kustik. Tapi, tetap dangdutan. Yang jelas, kami sangat gembira dengan respons pengunjung. Mereka itu benar-benar menikmati suasana yang kami tawarkan,” ujar Mei lagi.
Kalau ditotal, pengunjung Pasa Karetan, Minggu (4/3), mencapai jumlah 3.000 orang. Kebayangkan seperti apa kepadatan Pasar Karetan. Menariknya, sejumlah wisman ikut membaur dengan pengunjung lain.
Yang lebih hebatnya lagi, jumlah pengunjung sebanding dengan pemasukan. Total, ada omset yang diraih mencapai Rp35 juta pada hari itu. Luar biasa ya.
Dan asal tahu saja, angka itu hanya kurang Rp3 juta, dari momen akhir tahun 2017. Saat itu, pasar instagramable ini meraih omset Rp38 juta dengan pengunjung mencapai 5.000 orang.
“Rata-rata omset di Pasar Karetan bagus. Omset terbesar di akhir tahun 2017 lalu. Kami waktu itu agak tertolong dengan libur yang panjang,” tuturnya.
Staf Khusus Menteri Pariwisata Bidang Media, Don Kardono, memuji kesuksesan Pasar Karetan. “Kreativitas Pasar Karetan ini luar biasa. Meski begitu, tim harus tetap melakukan evaluasi,” ujar Don Kardono.
Guys, kalau kalian belum tahu dimana itu Pasar Karetan, diingat ya. Pasar ini ada di Hutan Karet Radja Pendapa Desa Segrumung, Meteseh, Boja, Kendal, Jawa Tengah. Tempat ini adalah rajanya destinasi hang out.
Pasar Karetan adalah magnet baru destinasi di kawasan Semarang. Beragam inovasi disiapkan untuk menjaring pengunjung. Buktinya, setelah sukses dengan tema Bidadari, pengelola meminta beberapa lapak agar tampil lebih instagramable. Tema baru pun sedang disiapkan
Apresiasi tinggi disampaikan Menteri Pariwisata Arief Yahya. Menurutnya sukses Pasar Karetan harus menjadi contoh bagi yang lain.
“Pasar Karetan ini salah satu contoh sistem yang berhasil. Popularitas mereka juga tinggi. Detail-detail kecil selalu diperhatikan. Pasar-pasar lainnya idealnya seperti itu,” pungkas Menteri Pariwisata Arief Yahya.