Jakarta, Haloindonesia.co.id – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mempromosikan lima Destinasi Super Prioritas dan memperkuat awareness terhadap brand Wonderful Indonesia di pasar Tiongkok pada acara Indonesia Fair 2024 dalam rangka merayakan momentum Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT) ke-79 RI di Beijing, Tiongkok pada Sabtu (17/08/2024).
Indonesia Fair 2024 merupakan pameran produk dan budaya Indonesia terbesar di Tiongkok yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Beijing sekaligus sebagai perayaan HUT ke-79 RI.
Pada kegiatan yang bertema ”The Ultimate Melting Pot of Indonesia” ini, Kemenparekraf bersama dengan Rumah Atsiri Indonesia (RAI) yang merupakan salah satu mitra Co-Branding Wonderful Indonesia, berpartisipasi pada pameran dengan mengadakan workshop produk ramuan Indonesia’s ethnic, distribusi bahan promosi pariwisata, dan pelayanan informasi.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Baparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, dalam keterangannya di Jakarta, Senin (19/08/2024), mengatakan bahwa wisman Tiongkok telah memberikan kontribusi sebesar 787.924 kunjungan pada tahun 2023 atau naik sebesar 365,19 persen dari tahun 2022.
Sementara, kunjungan wisman Tiongkok pada tahun 2024 diharapkan dapat naik hingga mencapai target sebesar 1.563.679 kunjungan.
“Partisipasi pada kegiatan Indonesia Fair 2024 ini diharapkan dapat mendorong peningkatan kunjungan wisman Tiongkok ke Indonesia dan ikut berkontribusi dalam pencapaian target 14,3 juta wisman untuk tahun 2024,” kata Menparekraf Sandiaga.
Direktur Pemasaran Pariwisata Regional I Kemenparekraf, Raden Wisnu Sindhutrisno, menyampaikan bahwa partisipasi pada kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan awareness terhadap Wonderful Indonesia dan sustainable tourism di kalangan wisman Tiongkok.
“Event ini diharapkan dapat memberikan pengalaman berwisata di lima destinasi super prioritas. Sehingga, visitor yang di antaranya merupakan pejabat negara perwakilan (korps diplomatik), warga lokal, masyarakat internasional, dan diaspora Indonesia dapat turut menyebarkan informasi mengenai destinasi wisata dengan konsep hijau dan berkelanjutan di Indonesia,” kata Wisnu.
Wisnu juga berharap partisipasi pada Indonesia Fair 2024 dapat menghasilkan liputan media yang menarik dari para influencer dan Key Opinion Leader (KOL) yang hadir sebagai peserta pameran di antaranya melalui platform sosial media Tiongkok, Kuaishou.